08 Maret 2011

Masalah SIM CARD tidak terbaca pada ponsel Sony Ericsson

Sobat MJV, pernah gak ngalamin yang namanya kartu SIM nggak kebaca di ponsel, utamanya nih pengguna ponsel Sony Ericsson? kalo perrnah berarti ada trouble nih yang perlu dibenarin di ponsel kamu itu. Kejadian yang tiba-tiba tersebut sangat menjengkelkan yang mana ponsel kita sebelumnya berfungsi dengan normal saja.
Kejadian tidak terbacanya kartu SIM yang tiba-tiba dan pada beberapa tipe ponsel SE yang memunculkan pesan peringatan di layar "Sisipkan Kartu SIM - Please insert your SIM CARD" atau lihat DEMO" dapat kamu coba atasi dengan melakukan tips berikut ini:

 1. Coba kamu matikan dulu ponsel kamu
 2. Slot baterai kamu lepas dan periksa kembali kondisi SIM Card (Lecet, Baret atau panas)
 3. Periksa konektor dan SIM pada bagian berwarna emas apakah terjadi korosi atau karat, kerenggangan     atau yang lainnya
 4. bila penempatan dan kondisi kartu SIM dalam keadaan baik-baik saja, dimungkinkan ada komponen lain yang sedang bermasalah, pada beberapa kejadian, dapat kamu lepas dulu kartu memori selang beberapa menit dan memasangnya kembali.

Faktor yang biasa menyebabkan kartu SIM tidak terbaca antara lain, kinerja fitur ponsel yang berat dan menyebabkan performa SIM berpengaruh, jaringan tidak ada sama sekali, ponsel pernah terbentur atau terjatuh, dan kondisi kartu SIM itu sendiri yang sudah rusak.

Setelah langkah di atas kamu lakukan, coba deh kamu restart kembali ponsel kamu, dan tunggu hasilnya SIM CARD sudah terbaca atau belum. Bila nyatanya SIM card belum juga terbaca dengan melakukan tips ringan di atas dan berusaha mengganti dengan SIM CARD yang baru maka dipastikan ponsel kamu perlu reparasi pada service shopnya.

Selamat mencoba. :)

22 komentar:

  1. ada tidak cara hard reset hp se jika terjadi "insert sim card",

    tks,

    BalasHapus
  2. @nn, cara hard reset dilakukan bila operasi ponsel mengalami bug atau hang, biasanya lebih mengarah ke software dan hal teknis. Masalah SIM CARD tidak terbaca lebih dipengaruhi sistem deadlock sementara dan bisa normal kembali dgn cara2 ringan seperti diatas. Perlu diingat hard reset bisa menyebabkan konten,data, serta settingan ponsel anda terhapus.
    Tks.

    BalasHapus
  3. saya pengguna sony xperia E Dual atau dual sim, masalahnya:
    1. memoy internal yang awalnya 4 Gb namun setelah update yang terbaca tinggal 2 Gb.
    2. beberapa bulan kemudian kartu sim dua2nya sinyalnya tiba2 nol meskipun kartunya sudah terbaca. setiap d coba buat nelpon selalu ada pemberitahuan "ada masalah dengan jaringan" sudah ganti kartu tapi tetap saja sinyalnya nol.
    saya sudah coba cara seperti yang dijelaskan d atas namun tetap saja sinyalnya nol.

    buat sobat yang tau jawabannya tolong d share ya kenapa kedua hal tersebut bisa terjadi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya coba jawab semampu saya ya mas..
      1. memori internal 4gb tapi nyatanya cuman 2gb tu dikarenakan yg 2gb sudah ke makan di sistem nya mas, Sony dalam penyematkan OS Android di produk mereka memang banyak fitur2 & tampilan bawaan pabrik yg makan banyak tempat di internal memori. jadi sisa memori yg tersedia bagi user nya utk install aplikasi yg diinginkan lebih terbatas.
      2.coba di restart seperti artikel diatas, gan..

      Hapus
  4. kinerja fitur ponsel yang berat dan menyebabkan performa SIM berpengaruh
    contohnya kyk gmana ?
    hp saya sony ericsson c510
    kadang bsa kebaca sim cardnya tapi cma sebentar saat browser atau pke kamera atau aktivitas laen langsung layar gelap muncul tulisan innactive sim saat hp nyala ada tulisan insert sim.
    saya tdak pkepun kadang mati sendiri trus tulisan insert sim

    BalasHapus
  5. ok gan kunjungan baliknya di tunggu
    Tips Seo dan Info Unik
    Sederet Info-Info

    makasih gan, blognya cantik banget ane suka

    BalasHapus
  6. Saya juga punya sony ericson c510, sudah jdul sih... tapi masih ok... cuma belakangan ini suka msalah dengan SIM Cardnya......"sisipkan sim cardnya"... setelah lama ga dipake dan saya masih penasaran... akhirnya saya serach di google...saya dah coba..kartu simnya dii bersihkan dengan penghapus pensil.... yang ada bagian warna emasnya... terus saya pasang eh... bisa normal lagi tuh...coabin aja deh... ok...

    BalasHapus
  7. saya punya xperia u...knp yaa saat saya masukan sim cart tiba tiba handphone y langsung mati...tp klu tanpa sim cart handphone y normal? minta solusi yaa dong para master?

    BalasHapus
  8. kartu sim card nya gk bisa di ganti sama yang lain ? itu knapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama mas punya saya juga gt maunya hanya pake sim yg itu aja pake sim card lain gak mau kebaca trus jam nya juga gak bisa diatur klo pake sim card lain bisa nya hanya pake sim card yg itu saja

      Hapus
    2. Iya sama mas punya saya juga gt maunya hanya pake sim yg itu aja pake sim card lain gak mau kebaca trus jam nya juga gak bisa diatur klo pake sim card lain bisa nya hanya pake sim card yg itu saja

      Hapus
  9. Mas hp saya sony xperia e4 saya baru bli kartu sim baru tetapi kgk bisa kebaca ama ponselnya pdhl klo di coba di pasng di ponsel lain bisa kebaca mohon bantuannya dong mas

    BalasHapus
  10. mas hape saya simcard nya kadang terbaca kadang tidak, maksudnya tuh.. simcard nya memang kebaca dipengaturan sinyal, tapi sinyal nya yg seringkali ada dan tidak ada, itu kenapa ya?

    BalasHapus
  11. mohon bantuannya, saya pengguna xperia m2, setiap kartu sim dimasukan hp restart secara berulang2, apakah ad yg puny saran utk masalah ini? mohon bantuannya.

    BalasHapus
  12. Semenjak pembaruan dari sony z2, hp saya tidak bisa baca simcard. Saya reset sama aja tidak bisa.. Apa solusinya?

    BalasHapus
  13. Semenjak pembaruan dari sony z2, hp saya tidak bisa baca simcard. Saya reset sama aja tidak bisa.. Apa solusinya?

    BalasHapus
  14. Pak saya mau tanya dong ..
    Saya punya sony m2 dual..
    Kenapa di sim 2 kebaca oleh sistem bahkn perangkatnya juga support ad tulisan opratornya juga smp sim nya juga on di bar jaringan full..
    Anehnya kenapa mau tlp atau di tlp ke sim 2 jawabanya nomer yg anda tuju sedang tidak aktif..telp keluar pun ga bisa.sim 1 aman pdhl udh dual mode on..mhn pencerahanya terimaksh

    BalasHapus
  15. Misi BG saya mau Tanya simcard di SONY XPERIA ST18i kok gk bisa Ada tulisan No Sim Card tapi lambang sinya Ada kenapa ya mohon arahannya

    BalasHapus
  16. Gan saya mau nanya kenapa di HP Sony xperia tipe st18I saya Ada tulisan No Sim Card padahal Ada simcard di dalamnya & sinyalnya Ada dan jalan naik turun seperti normal sinyal biasanya mohon arahan dan bantuannya y Gan terima kasih

    BalasHapus
  17. Saya punya sony zr tpi saya masukin kartu sim gk bisa (gak kebaca) kira kira apa kerusakan nya dan berapa biaya yang di butuh kan

    BalasHapus