15 Juli 2011

RADIO PAKE RDS?

Perkembangan teknologi semakin melaju dengan pesatnya,  banyak perubahan yang dibawa oleh teknologi dalam kehidupan sehari-hari kita, termasuk ke dalamnya perkembangan perangkat digital ponsel yang kini menyematkan fasilitas radio fm ditemani teknologi RDS?

Apa sih RDS itu?                   

RDS merupakan singkatan dari Radio Data System, yang dapat menampilkan informasi berupa teks mengenai stasiun Radio tersebut. Biasanya dapat berupa nama stasiun atau promo program siaran radio tersebut. Seperti halnya ponsel – ponsel SE yang hadir dengan fasilitas Radio, RDS biasanya disandingkan sebagai pelengkap fitur fm radio.
Bagaimana kinerja RDS?
RDS sangat bergantung pada stasiun radio yang mengudara di gelombangnya. Bila stasiun radio belum atau tidak memiliki teknologi RDS, maka fitur RDS dalam ponsel pun seakan percuma karena informasi tersebut tidak akan tampil dan mengurangi nilai tambah pada fitur radio andai saja stasiun radio tersebut menampilkan informasi stasiunnya.

Untuk mengatur fitur RDS sangat mudah, dan biasanya sudah tersetting otomatis untuk ditampilkan jadi tak perlu lagi mengatur bagaimana cara mengaktifkan fitur RDS tersebut, namun bila ingin menyembunyikan atua ingin menampilkan kembali stasiun radio atau RDS, pada menu Opsi atau Pilihan pilih Setelan lalu gulir ke Sembunyikan info satsiun atau sebaliknya.

Ikon RDS pada tampilan Radio Sony Ericsson, berada pada posisi kanan dengan tulisan RDS berwarna Abu-abu bila tidak aktif dan berwarna hitam bila radio yang diputar memiliki info stasiun radio yang menandakan pula stasiun radio tersebut memiliki RDS. Di kota – kota besar nih seperti di kota MJV, fitur RDS masih sedikit tuh yang memilikinya, radio ternama atau tergolong popular saja belum menampilkan info stasiunnya. Setidaknya baru ada 2 stasiun radio dari 20 an lebih gelombang fm yang mengalun di ponsel MJV. Tampilannya tidak begitu special, hanya teks informasi nama stasiun radio di bawah tulisan nama gelombang radionya.

Bagaimana dengan SobatMJV? Mungkin radio – radio di kotanya sudah banyak yang memiliki info stasiun lewat RDS?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar