01 Maret 2011

Opera Mini VS UC Browser

Menjelajah internet emang dah jadi aktifitas keseharian yang biasa kita lakukan baik untuk tujuan pekerjaan maupun cuma sekadar hiburan online. Bagi kamu yang hobi banget browsing di ponsel, tentunya memiliki aplkasi internet yang telah disematkan dalam ponsel kamu itu. Dan berbicara soal browser apa yang kamu dan orang lain pake emang macem-macem, kali ini MJV akan meng-compare browser Opera Mini 5 Versi Final VS UC Browser for Java.












Kedua browser ciamik ini cukup laris manis dipakai oleh pengguna ponsel yang ingin mendapatkan fitur online yang berbeda dengan browser bawaan ponsel. Oh yah perbandingan yang akan dibahas adalah bagaimana akses kecepatan dan kestabilan transfer data.


OPERA MINI :
Browser ini lah yang mungkin sudah jadi market leader untuk browser ponsel paling diminati dan paling banyak digunakan oleh penikmat browsing di ponsel. Daya tarik yang dimiliki OpMin ialah kecepatan akses data dengan kompresi halaman web mencapai 90% yang memunculkan halaman web/wap yang begitu cepat. Opera Mini dalam perkembangannya mengalami revisi atau update versi dan saat ini bagi pengguna OpMin Indonesia dapat menikmati aplikasi OpMin versi 5 Final dengan dukungan Operator Telkomsel dan dapat diunduh secara gratis. Melihat secara umum tampilan Opera Mini versi 5 Final tidak jauh beda dengan versi sebelumnya yaitu menyediakan tab pengetikan alamat web dan pencarian Google pada bagian teratas. Dibawahnya disediakan 9 Slot preview halaman web favorit yang dapat dikustomisasi sebagai jalan pintas menuju alamat web yang jadi faforit kita, default yang tersedia adalah portal telkomsel dan link menuju Twitter dan Facebook cukup mudah kan.

Menggunakan OpMin emang mudah, selain karakter menu yang simpel dan didukung penginputan yang memadai membuat para pengguna bisa memaksimalkan OpMin dalam mengeksekusi perintah halaman web. Selain kemudahan dari sisi interface, OpMin juga menyediakan fasilitas Download Manager yang berjala
n dengan cukup baik, Riwayat penjelajahan web, menyimpan halaman Web, mencari kata dalam halaman, copy-paste teks dalam halaman serta fitur pengaturan untuk halaman web seperti pengaktifan fungsi tampilkan gambar, ukuran font, tampilan landscape penuh,dan privasi lanjutan.

UC Browser
Bagaiman dengan UC Browser?
Yah, UC Browser merupakan browser altenatif selain OpMin yang juga memiliki keunggulan yang hampir sama dengan OpMin. Aplikasi ponsel buatan Cina ini cukup diminati dengan keunggulan fitur browsing yang dimilikinya. Sebut saja keunggulan dalam menjelajah menu lewat shorcut  dan link facebook pada panel teratas, yang juga menyediakan link halaman web yang dikategorikan dengan rapi menurut isi alamat web misalnya mengelompkkan halaman web untuk Community-Download-Forum-Entertainment dalam satu bagian yang terintegrasi, selain daripada itu ada juga Popular Site dimana akan menyediakan link situs-situs portal semisal Detik.com, okezone, yahoo, kompas dan vivanews, link menuju email service dan akses video juga tersedia dalam baris link yang apik. Pokoknya UC Browser mengunggulkan Link halaman website yang biasanya sering dikunjungi para pengguna browser.Tidak hanya itu saja, UC Browser mampu menampilkan halaman web yang cukup cepat dengan tampilan yang lebih mewah.

KESIMPULAN:
Sebagai Browser Ponsel keduanya memiliki karakteristik yang hampir sama, namun perlu diketahui dalam pemakaiannya, OPERA MINI mampu tampil menjadi yang terhandal dalam kestabilan akses membuka halaman web dan juga pengoperasiannya yang mudah. Begitu pula sebaliknya dengan UC Browser meski unggul dalam soal interface, namun kadang didapati halaman yang akan dibuka tidak tampil bahkan dowloading page-nya gagal terbuka. Bagi yang menggunakan UC,  pengoperasian menunya terasa cukup merepotkan lantaran kursor yang ada tidak cepat berinteraksi dengan klikan.

Jadi Penilaian menurut MJV :
OPERA MINI V.5          : 9 POINT
UC BROWSER V.7.4     : 7 POINT.

Selamat berselancar dengan ria di dunia maya.


1 komentar: